Service dan Pembuatan Lemari Kitchen Set di Bintaro BSD Serpong Tangsel

Anda membutuhkan service furniture kayu untuk penggantian hpl dan pengecatan ulang furniture dengan cat plitur melamik dan duco? Mebel furniture yang sudah digunakan bertahun tahun lebih dari 15 tahun akan kelihatan kusam dan tidak menarik lagi, maka akan mempengaruhi suasana dan keceriaan di dalam ruangan itu sendiri. Maka untuk mengatasi masalah tersebut, proses pengecatan ulang furniture atau pemasangan ulang hpl bisa dilakukan kembali dengan mengusung tema atau warna yang bisa disesuaikan dengan kondisi terkini agar lebih fresh dan nampak cerah.

Bagaimana proses service furniture, pemasangan hpl dan pengecatan ulang furniture dilakukan? Pertama tentu kita harus memiliki alur kerja atau standard operasional prosedur service furniture tersebut:

1. Survey dan Pengukuran. Survey dan pengukuran bisa dilakukan di lokasi atau diberikan informasi dan dikirimkan ke kami gambar dan ukuran furniture yang mau dicat ulang atau mau dihpl sehingga kami bisa menghitung berapa total volume furniture yang akan dicat ulang atau di hpl. Dalam era digital saat ini proses survey lokasi bisa dilakukan hanya jika memang jumlah furniturenya banyak dan memiliki banyak item yang harus diservice, namun jika tidak perlu survey maka furniture yang hendak dicat atau diganti hpl atau diservice bisa dikirimkan melalui email atau Whats App beserta ukuran pastinya.
2. Penentuan jenis Service. Sesudah adanya kepastian, maka proses berikutnya adalah menentukan item mana saja yang diservice, dicat ulang atau di pasang hpl. Dari situ akan kelihatan per item furniture yang dikerjakan beserta besaran volumenya dan item servicenya.
3. Perhitungan biaya. Untuk menghitung biaya maka kita hitung peritem service diatas. Misalnya lemari pakaian ukuran 2 meter dikalihkan tinggi 2 meter maka didapatkan volume sebesar 4 meter persegi. Dengan servicenya yaitu cat duco putih dan tambahan ganti kunci dan engsel. Maka jika harga per m2 harga cat duco luar dalam adalah Rp 650.000 maka biaya pengecatan duconya adalah Rp 650.000 x 4 m2 = Rp 2.600.000,- Jika dengan volume sama dan penggantian hpl luar dalam maka biaya perhitungannya sedikit berbeda dan lebih murah. Misalnya harga ganti hpl lemari Rp 400.000 untuk luar dalam, maka biaya yang dikeluarkan adalah Rp 500.000 x 4 m2 = Rp 2.000.000,- Biaya diatas bukan patokan baku melainkan hanya ilustrasi saja. Untuk biaya detailnya silahkan hubungi kami sebagai perusahaan jasa pengecatan dan service furniture.
4. Kontrak kerja. yaitu memberikan kontrak kerja ke klien yang ditandatangani kedua belah pihak yang berisikan item detail kesepakatan pekerjaan dan sistem pengerjaan dan pembayarannya
5. Proses produksi, yaitu proses pengerjaan service furniture dan pengecatan sesuai kontrak kerja
6. Instalasi dan pengiriman, yaitu pengerjaan instalasi funiture yang dilepas dan dipasang dilokasi.

Untuk mengetahui detail service furniture kita harus tahu hpl dan pengecatan furniture. Maka hpl adalah bahan pelapis furniture dan merupakan salah satu alternatif finishing material yg terbuat dari resin, penolin, kraft paper dan decorative paper. HPL adalah salah satu alternatif bahan finnising yang rama lingkungan, sebab dalam penggunaannya tidak memerlukan kayu sebagai motif, melainkan texstur kayu sendiri dibuat dengan teknologi industri modern. Penggunaan HPL sendiri dapat menghemat bahan Finnising seperti pembelian cat maupun tinner sebagai bahan oplosan cat semprot, tidak perlu tukang amplas sebab permukaan HPL merupakan finnising akhir.

HPL memiliki bermacam ragam corak dan warna permukaan yang dapat kita gunakan, dan dari berbagai ragam tersebut yang paling banyak merupakan corak dan warna kayu berbagai jenis. Ada pula warna dan kesan metalik.HPL memiliki kelebihan yaitu cukup anti gores dan anti air. Tidak seratus persen anti gores, namun memang material ini kuat berkat bahan utamanya yang merupakan plastik keras PVC dengan permukaan bertekstur. Material ini lebih kuat daripada material sheet yang biasanya digunakan untuk melapisi furniture murah yang dijual di toko-toko furniture biasa. HPL memiliki kelebihan berupa pengerjaan yang lebih bersih daripada menggunakan cat duco atau sanding, karena material ini di lem pada multipleks. Bagi pengrajin meubel dan furniture multipleks, material ini memiliki keunggulan bersih dan cepat. HPL memiliki varian produk ‘edging’ yang mempermudah pengerjaan furniture pada bagian pinggiran yang tipis.

Cara Pemasangan HPL :
Pabrikasi :
1. Bahan dasar furniture (multiplek, partikel board, mdf) dibersihkan dengan diampas.
2. Bahan dasar tersebut disemprot lem kuning / contact glue.
3. HPL yang mau ditempel kebidang tersebut disemprot dgn lem juga
4. Rekatkan HPL dgn bidang mulitpek/ MDF tadi (rekatkan dgn hati-hati untuk menghindari gelembung udara masih)
5. Setelah HPL dan multiplek/MDF direkatkan, masukan bidang tadi ke dalam mesin press.
6. Potong panel tadi sesuai ukuran yg diinginkan dgn mesin potong.
7. Edging tepi panel dgn mesin edging (edging PVc atau edging HPL)
8. Setelah panel jadi, bersihkan dgn pembersih
9. Panel siap dipacking untuk delivery

Manual / Non pabrik :
1. pemotongan HPL dgn mesin circle
2. Lem kuning atau lem putih disprey
Untuk hasil yang baik, perlu ketelitian dan kesabaran untuk menempelnya, sebab bila pekerja kurang sabar hasil akhir yang didapat menjadi menggelembung (tidak rata). Untuk pengeleman menggunakan lem standar HPL yang memiliki mutu baik, sehingga daya rekat cukup baik pula. pengeleman yang baik adalah pengeleman rata ke seluruh bidang, bidang dasar maupun bidang utama (triplek/kontruksi dan HPL) harus sama-sama di lem.

Pengecatan Furniture Plitur Melamik dan Duco

Jenis finishing lainnya selain hpl adalah pengecatan plitur melamik dan cat duco, laquer, pu dan sebagainya. Ada berbagai jenis finishing kayu. Berdasarkan jenis materialnya, finishing untuk kayu solid dan olahan ada 2 jenis, yaitu Transparan dan Non Transparan.

a. Lapisan Tranparan
1. Politur. Biasanya berbentuk serpihan atau batangan yang dicairkan dengan alkohol. Tetapi ada juga yang siap pakai dengan komposisi alkohol yang tepat. Politur diaplilasilan dengan menggunakan kain yang di poles secara berkala pada permukaan kayu. Pengaplikasian politur dapat diulang secara berkala jika warnanya sudah memudar.
2. Nitro Cellulose (NC). Terbuat dai bahan resin NC dan tiner. Bahan ini akan membentuk lapisan film yang tahan air, namun belum kuat untuk menahan goresan maupun benturan fisik. NC di aplikasikan dengan cara semprot (spray) bertekanan udara atau memakai kuas.
3. Melamik. Untuk pekerjaan finishing melamik harganya juga cukup mahal. Kelebihan melamik ini memberikan kesan mewah. Untuk proses kerja melamik, kurang lebih seperti ini :Bidang yang mau di melamik harus bersih dari debu, kemudian diamplas, Isi pori-pori kayu dengan wood filler sesuai dengan warna yang diinginkan. Kemudian diamplas lagi. Warnai dengan wood stain, warna yang diinginkan, pengerjaan dengan menggunakan kuas. Sanding. Tunggu sanding sealer sampai kering, kemudian diamplas sampai halus. Finishing clear : gloss atau doff
4. Polyurethane (PU). Sering dikenal dengan sebutan PU, Bahan ini menjadi salah satu bahan finishing yang mahal, mahal karena Anti Gores, Tahan Panas dan daya rekat yang sangat kuat terhadap permukaan kayu. Bahan ini sering digunakan sebagai dasar atau pelapis atas meja makan. Tampilannya menyerupai lapisan plastik sehingga membuat kayu tidak alami. Daya tahannya terhadap panas dan air sangat baik, membuat PU cocok untuk furnitur eksterior.
5. Waterbased lacquer.Jenis finishing ini merupakan jenis yang paling populer akhir-akhir ini, terutama bagi konsumen di Eropa. Bahan pencairnya menggunakan air murni (yang terbaik) dan resin akan tertinggal pada permukaan kayu. Proses pengeringannya tentu saja lebih lama daripada jenis bahan finishing lain karena penguapan air jauh lebih lambat daripada penguapan alkohol maupun thinner. Namun kualitas lapisan film yang terbentuk tak kalah baik dengan NC atau melamin. Memberi sifat tahan air dan bahkan sekarang ada jenis Waterbased Lacquer yang tahan goresan.

b. Lapisan Non Transparan.
Material ini akan menutup 100% seluruh permukaan kayu dan menyembunyikan tampak aslinya. Bentuk fisiknya dapat berupa cat duco dan lapisan (laminate) dalam bentu lembaran atau rol.
1. Cat Duco. Adalah methode penyemprotan cat duco pada permukaan furnitur. Warnanya bervariasi seperti baturan dan warna-warna menyolok. Cocok untuk furnitur bernuansa modern, minimalis dan juga furnitur anak. Harganya relatif mahal dan bila sudah dicat, serat asli tidak bisa dikembalikan lagi. Pengaplikasiannya menggunakan semprot atau kuas. Dengan kemajuan tehnologi dan desain sekarang ini, berbagai motif dapat dibuat dari cat ini, seperti motif batu, marmer, motif pecah seribu maupun motif perak, tembaga dan emas.
2. Laminate. Adalah methode finishing furnitur dengan merekatkan bahan pelapis di permukaan furnitur. Proses pelapisan menggunakan lem khusus kayu, seperti lem kuning. Pelapis yang umum digunakan antara lain veneer, PVC, decosit, tacon, HPL.
3. Veneer. Terbuat dari serat tipis kayu asli. Motifnya tergantung jenis kayu ; ada motif jati, sungkai, nyatoh, kamper atau mahoni. Furnitur yang dibri lapissn ini mirip kayu asli sehingga tampilannya benar2 alami. Dijual dalam bentuk gulungan dengan lebar 10-20 cm, harganya relatif mahal.
Untuk melakukan service furniture anda cukup menghubungi kami dan mengirimkan gambar dan ukuran yang hendak di service baik dengan pengecatan ulang ataupun penggantian kunci, handle dll. Sebagai jasa service furniture kami melayani area Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi.

Jasa Service Kitchen Set

Anda sedang mencari jasa service kitchen set, perbaikan lemari kitchen set, ganti kunci handle kitchen set, jasa cat ulang kitchen set, jasa ganti hpl kitchen set di Jakarta, Depok, Tangerang, Bogor dan Bekasi? Anda berada ditempat yang tepat karena kami adalah perusahaan jasa furniture yang bergerak dibidang jasa pembuatan furniture dan jasa service perbaikan furniture termasuk kitchen set.

Service kitchen set umumnya dilakukan karena ada kerusakan yang harus diperbaiki. Apa itu service perbaikan kitchen set dan jenis kerusakan yang umum terjadi pada kitchen set?

1. Umumnya kitchen set mengalami kerusakan pada area basah yaitu area lemari bawah yang sering berdekatan dengan air sehingga membuat kayu kitchen set menjadi lapuk dan rusak dimakan waktu dan air.
2. Engsel dan handle kitchen set seiring waktu juga sering rusak akibat sudah berusia sehingga perlu penggantian baru yang lebih kuat dan bagus
3. Cat kitchen set sering sudah berubah warna karena dimakan usia sehingga berbeda dari awal pengecatan kitchen set dan saat ini
4. HPL kitchen set sering kali sudah banyak terkelupas dan banyak yang rusak sehingga mennambah jelek kitchen set yang sudah tua.
Banyak masalah seputar kitchen set yang sudah banyak dimakan usia sehingga perlu perbaikan dan pengecatan ulang atau ganti lapisan hpl kitchen set agar tampilan juga lebih segar, baru dan elegan bersih.

Untuk melakukan service kitchen set maka kita harus melakukan tahapan sebagai berikut:
1. survey dan pengukuran. yaitu adanya survey kerusakan dan pengukuran apa saja yang harus diperbaiki. Survey bertujuan untuk memastikan bahwa ada item detail kitchen set yang harus diganti dan perbaiki sehingga detail service pekerjaan lebih jelas.
2. identifikasi masalah, yaitu mengetahui masalah utama secara detail. Misalnya penggantian lemari kitchen set, engsel, laci dan ganti hpl sehingga semua ini bisa dihitung secara jelas.
3. pengajuan anggaran dan pekerjaan sebagai awal dari kesepakatan sehingga kedua belah pihak bisa saling mengerti pekerjaan detail dan biayanya
4. Pelaksanaan pekerjaan, yaitu melakukan jasa perbaikan kitchen set yang bisa dikerjakan di lokasi atau di bawa ke workshop kami.
5. Penyetelan dan serah terima, yaitu menyetel ulang perbaikan yang dikerjakan sehingga bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya.
Service kitchen set umumnya dilakukan selain penggantian material aksesoris kitchen set juga pengecatan ulang atau anti hpl kitchen set. Maka kita bahas sedikit tentang pengecatan ulang kitcehn set ini dan ganti hpl kitchen set nya.

Cat sebagai finishing memiliki 2 jenis utama yang sering digunakan yaitu, cat melamin dan cat duco, meski ada jenis pengecatan lainnya namun kedua jenis cat ini adalah yang paling sering digunakan. Finishing furniture adalah proses pemberian lapisan pada permukaan furniture dengan tujuan agar dapat menjadikan barang terlindungi dan lebih awet, juga dapat memberi tampilan memikat pada barang sehingga tampak lebih indah, mewah dan elegan.

Finishing furniture merupakan pekerjaan yang membutuhkan ketrampilan tertentu, terlatih dan dituntut dengan banyaknya pengalaman, agar bisa mendapatkan hasil akhir yang maksimal sesuai dengan yang diharapkan, untuk itu sebelum melakukan kegiatan finishing, sebaiknya kita pikirkan dulu bahan apa yang akan kita gunakan. Ya tentunya kita pilih yang sesuai dengan kondisi barang dan keinginanan yang penting jangan sampai asal pilih bahan finishing furniture kita.

Cat Melamik/Melamin. Teknik finishing ini dilakukan dengan menyemprotkan cairan melamine pada furniture. Sebelum dilakukan penyemprotan cairan melamine biasanya dilakukan dempul dan pengamplasan terlebih dahulu pada furniture kemudian setelah tahap tersebut selesai dilakukan penyemprotan campuran cairan tinner dan terakhir baru disemprotkan cairan melamine. Tampilan dari melamine pun dapat disesuaikan dengan keinginan apakah dibuat dof tidak terlihat mengkilat atau dibuat glossy yang terlihat mengkilat. Furniture yang menggunakan finishing melamine biasanya menggunakan bahan dasar kayu asli seperti kayu jati atau kayu solid. Tujuan dari finishing melamine sendiri yaitu untuk mendapatkan natural kayu, bisa memilih variasi warna kayu atau transparan yang langsung melihatkan serat kayu dari bahan dasar langsung. Tampilan dari furniture yang menggunakan teknik finishing melamine akan terlihat natural, elegan dan hangat.

Produk melamine banyak terdapat di toko bangunan, ada merek impra, furnikute, alfa gloss dll.Tiap produk menyediakan wood filler, wood stain / pewarna, sending seller dan melamine.Untuk pewarnaan bisa memilih wood stain cocoa brown, salak brown, dark brown, candy brown, dll. Sedangkan untuk tampilan akhir bagi mereka yang menyukai elegan bisa menggunakan melamine doff, dan bagi mereka yang menyukai tampilan mewah bisa menggunakan melamin semi gloss atau gloosy. Finishing dengan melamine ini mampu memberi kepuasan tersediri yaitu dapat menjadikan furnitur terkesan mewah dan elegan. namaun finishing melamine ini hanya cocok untuk barang furnitur yang ditempatkan di dalam rumah ( interior ).

Cat Duco. Merupakan salah satu cara untuk memperindah dan membuat finishing pada furniture. Pada intinya, teknik ini adalah mengecat furniture mentah dengan menggunakan cat yang disemprot. Selain pada furniture, teknik ini juga sering diterapkan pada pintu dan jendela, dinding, serta bagian bangunan lainnya yang berbahan kayu.Teknik finishing cat duco ini dilakukan dengan menggunakan bahan sesuai judulnya yaitu cat duco. Tahapan proses pengecatan cat duco hampir sama dengan teknik finishing melamine yaitu menggunakan semprot atau sparygun dengan kompresor hanya saja waktu yang diperlukan sedikit lama. Konsep dari cat duco sendiri hampir sama dengan cat polos yang biasa anda jumpai seperti pada cat mobil dimana warna yang dihadirkan seperti warna solid atau warna polos, metalik yang tampilannya sama bisa dibuat dof atau glossy. Karena teknik finishing cat duco hampir sama seperti pengecatan mobil membuat warna yang polos sehingga proses pengecatan yang terdiri dari beberapa tahap dan layer semprotan akan membuat serat kayu dari bahan dasar akan tertutupi. Jadi finishing cat duco akan menampilkan warna polos yang cerah sehingga terkesan minimalis, bersih, terang dan mewah.

Finishing cat duco,akan menutup seluruh permukaan kayu. Serat tak lagi nampak. Pilihan untuk cat duco sangat beragam baik warna dasar maupun warna yang lebih terang, sehingga sangat cocok digunakan untuk furnitur yang membutuhkan warna yang bervariasi. Tetapi pelapis ini relatif mahal harganya dan membutuhkan tahapan pelapisan yang cukup banyak untuk menghasilkan kualitas yang baik, selain itu furniture yang sudah dicat dengan cat duco serat asli kayu tersebut tidak dapat dikembalikan.

HPL. High Pressure Laminate (HPL) yaitu laminasi dengan tekanan tinggi yang merupakan salah satu bahan finishing umum digunakan dalam produk mebel dan permukaan interior. Ini bekerja lebih baik sebagai penutup permukaan untuk cabintets, meja, kitchen set, dekorasi interior, dll meningkatnya biaya dan kekurangan pasokan bahan kayu yang nyata, seiring dengan meningkatnya permintaan dari bahan yang ramah lingkungan telah membuat HPL sebagai salah satu yang paling populer finshing bahan untuk produk furniture dan dekorasi interior. HPL ( High pressure Laminated ) adalah lapisan akhir atau finishing berbagai benda furniture berbahan dasar plastik yang tipis yang akhir – akhir ini menjadi sangat familier dan cukup menarik minat dunia furniture, terutama untuk furniture berbahan dasar multiplek yang mana biasanya finishing/pelapis terluar menggunakan bahan triplek corak ( jati, sungkai, mahoni, megateak , nyatoh ) kini secara perlahan dan pasti mulai ditinggalkan.

Perubahan treatment ini biasanya masih memerlukan treatment melamic/ duco yang mana dari segi biaya dan waktu sangat jauh perbedaannya, HPL lebih praktis, cepat dan lebih murah oleh karena itu dampak yang ditimbulkan berkurangnya omset penjualan bahan finishing yang diikuti meningkatnya pengangguran oleh pekerja finishing yang selama ini menggantungkan pekerjaan di sektor ini.

HPL memiliki bermacam ragam corak dan warna permukaan yang dapat kita gunakan, dan dari berbagai ragam tersebut yang paling banyak merupakan corak dan warna kayu berbagai jenis. Ada pula warna dan kesan metalik. HPL memiliki kelebihan yaitu cukup anti gores dan anti air. Tidak seratus persen anti gores, namun memang material ini kuat berkat bahan utamanya yang merupakan plastik keras PVC dengan permukaan bertekstur. Material ini lebih kuat daripada material sheet yang biasanya digunakan untuk melapisi furniture murah yang dijual di toko-toko furniture biasa. HPL memiliki kelebihan berupa pengerjaan yang lebih bersih daripada menggunakan cat duco atau sanding, karena material ini di lem pada multipleks. Bagi pengrajin meubel dan furniture multipleks, material ini memiliki keunggulan bersih dan cepat.

HPL memiliki varian produk ‘edging’ yang mempermudah pengerjaan furniture pada bagian pinggiran yang tipis.
1. Prosesnya cukup praktis (tanpa finishing tukang semprot), mudah dan lebih cepat pengerjaannya.
2. Cost dan biayanya lebih rendah
3. Furniture yang menggunakan finishing HPL tidak memerlukan tukang khusus finishing, cukup tukang kayu saja.
4. Warna dan motif furniture akan sama, tidak beresiko belang-belang seperti jika menggunakan finishing cat duco.
5. Memiliki banyak sekali jenis, mulai dari motif kayu, warna solid, metalik, hingga motif seperti marmer dan granit.
6. Pemakaian HPL lebih cepat selesai dibanding dengan finishing spray.
7. Cocok untuk furniture dengan tampilan yang modern dan minimalis.
8. Lebih bersih dalam aplikasinya.
9. Ketahanan yang lebih baik terhadap panas, goresan, zat kimia.
10. Relatif lebih murah.

Jadi untuk pembuatan lemari pakaian custom ini, jenis finishing mana yang konsumen sukai? semua finishing tentu ada kelebihan dan kekurangan masing masing, semua tergantung dari selera kita.

Sebagai service kitchen set area kerja kami adalah di Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang dan Bekasi. Untuk di Jakarta kami melayani service kitchen set di Jakarta Pusat, service kitchen set di Jakarta Barat, service kitchen set di Jakarta Utara, service kitchen set di Jakarta Selatan, service kitchen set di Jakarta Timur. Sementara untuk area Tangerang kami melayani service kitchen set di Tangerang dan Tangerang Selatan (tangsel) yang meliputi service kitchen set di Bintaro, service kitchen set di Ciputat Pamulang, service kitchen set di BSD Serpong, service kitchen set di Karawaci Tangerang, service kitchen set di Depok meliputi service kitchen set di Margonda Depok, service kitchen set di Cimanggis, service kitchen set di Cibubur, service kitchen set di Cisalak Cibinong, service kitchen set di Sawangan Parung, service kitchen set di Cinere Cilandak, service kitchen set di Depok 1 dan Depok 2, service kitchen set di Cinere Cilandak Fatmawati Jakarta Selatan.

Sebagai jasa service kitchen set kami memiliki pengalaman puluhan tahun dalam melakukan perbaikan dengan berbagai macam variasi solusi. Kami juga menjaga kualitas dan menjaga integritas pekerjaan kami dengan garansi hasil yang memuaskan.

Bagi anda yang membutuhkan jasa service kitchen set, perbaikan kitchen set, cat ulang kitchen set, ganti hpl kitchen set, perbaikan lemari kitchen set, service kitchen set di Depok, service kitchen set di Jakarta, service kitchen set di Bogor, service kitchen set di Tangerang, service kitchen set di Bekasi, biaya service kitchen set, harga perbaikan kitchen set, service kitchen set di BSD Serpong, service kitchen set di Karawaci, service kitchen set di ciputat pamulang, service kitchen set di cibubur, service kitchen set di cimanggis, service kitchen set apartemen, service kitchen set di Jakarta Barat, sevice kitchen set di Jakarta Selatan, service kitchen set di kota bogor silahkan hubungi kami. Dengan senang hati kami akan membantu ana. Kamsia, matur suwun, horas, makashih ya.

Jasa Pembuatan Lemari Di Tangerang: Bintaro Serpong BSD

Anda sedang mencari jasa pembuatan lemari pakaian di Tangerang Bintaro Serpong BSD, tukang bikin rak lemari sepatu di Tangerang, jasa bikin lemari baju di Tangerang, biaya pembuatan lemari di Tangerang, harga lemari pakaian per meter di Tangerang dan sekitarnya? kami adalah perusahaan jasa interior furniture yang sudah berpengalaman membuat furniture lemari pakaian, furniture lemari sepatu, furniture lemari tas, furniture lemari rak pajangan, furniture lemari buku, furniture lemari dokumen dan sebagainya.

Sebagai jasa pembuatan lemari di Tangerang Bintaro Serpong BSD kami melayani jasa pembuatan funiture yaitu:
1. Jasa pembuatan lemari pakaian
2. Jasa pembuatan lemari sepatu dan tas
3. Jasa pembuatan lemari pajangan
4. Jasa pembuatan rak lemari buku
5. Jasa pembuatan tempat tidur
6. Jasa pembuatan lemari dapu kitchen set
7. Jasa pembuatan backdrop TV
8. Jasa pembuatan partisi ruangan
9. Jasa pembuatan lemari bawah tangga
10. Jasa pembuatan furniture kayu lainnya.

Untuk membuat furniture lemari pakaian umumnya bahan yang digunakan adalah bahan kayu solid dan kayu olahan. Kayu solid adalah istilah yang paling sering digunakan untuk membedakan antara kayu biasa dan kayu buatan, tetapi juga mengacu pada struktur yang tidak memiliki ruang berongga. Pembuatan produk kayu diproduksi oleh mengikat bersama-sama alur kayu, serat, atau veneer dengan perekat untuk membentuk suatu material komposit. Kayu dirancang termasuk kayu lapis, papan oriented strand (OSB) dan papan serat. Fakta bahwa produk yang dibuat dari kayu solid seringkali disebut-sebut dalam iklan. Namun, dengan menggunakan kayu solid memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kayu solid hanya terdiri dari bahan dasar kayu tanpa dicampur atau di kombinasi dengan bentuk bahan lain atau biasa disebut kayu campuran. Walaupun pada pengerjaannya kita menggunakan sambungan laminasi, finger joint atau konstruksi yang lain untuk papan atas meja misalnya, bahan tersebut masih disebut sebagai kayu solid.

Jenis-jenis dari kayu solid, yaitu ada kayu jati, sungkai, mahoni, kamper dan lain sebagainya. Namun, apa sih yang membedakan dari jenis-jenis tersebut?? Kalau untuk kayu Jati, merupakan kayu yang paling banyak peminatnya, dari segi kualitas juga kayu yang paling bagus. Serat dan tekstur dari kayu jati inilah yang banyak disenangi oleh banyak orang. Furniture yang dibuat dengan bahan Jati, cenderung lebih kuat, awet dan mewah.

Selain bahan material kayu solid maka lemari pakaian juga dapat dibuat dari bahan kayu olahan. Apakah kayu olahan itu?
Kayu olahan atau yang sering disebut engineering wood adalah produk material berbahan dasar kayu yang sebelumnya telah melalui proses pengolahan di pabrik. Pengolahan itu menghasilkan produk akhir dengan desain, bentuk, sifat, dan kekuatan struktural sesuai kebutuhan dan keinginan. Mengingat banyak unsur dalam bangunan yang dapat dibuat dari kayu – seperti dicontohkan di atas – tidak mengherankan jika produk kayu olahan ini lantas muncul dalam jenis yang sangat beragam dengan berbagai karakteristik berlainan. Masing-masing kayu olahan tersebut mempunyai keistimewaan tersendiri yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, desain, dan tentu saja dana yang dimiliki. Untuk lantai, kayu olahan yang lebih dikenal dengan istilah parket juga cukup bervariasi. Ada parket berlapis vinir (lembaran kayu tipis), ada pula parket laminate yang lebih ekonomis.

Proses pembuatan dari pohon menjadi kayu olahan terbilang sangat efisien dengan memanfaatkan hampir seluruh bagian dari pohon menjadi kayu. Segala bagian dari pohon seperti kulit kayu, sisa potongan serbuk kayu, batang, ranting dsb dapat di proses menjadi jenis kayu hasil olahan . Berbeda dengan material kayu solid yang hanya didapatkan dari batang pohon saja. Hal ini yang menyebabkan kayu lebih murah dan ekonomis sebagai bahan alternatif pembuatan furniture untuk interior rumah seperti wardrobe, kitchen set, kursi makan dan lain sebagainya.

Ada berapa jenis dari kayu yang diolah tersebut? Ada beberapa jenis kayu olahan, seperti particle board, MDF, Black Board dan plywood. Dalam membuat aneka jenis furniture umumnya banyak orang yang menggunakan plywood sebagai bahan dasarnya.

Plywood. Plywood sendiri merupakan jenis kayu yang cukup kuat ketahanannya, sehingga apabila digunakan untuk bahan dasar waktunya bisa sampai lama. Plywood juga merupakan kayu dengan olahan yang paling baik kualitasnya. Kayu lapis, kayu yang juga dikenal dengan sebutan polywood atau tripleks ini merupakan kayu olahan dari beberapa lembaran kayu yang direkatkan dengan tekanan tinggi. Ketebalan kayu lapis ini tentu saja sangat mempengaruhi kekuatan kayu. Intinya, semakin tebal kayu lapis maka semakin kuat kayu tersebut. Untuk ketabalan kayunya, biasanya yang ada di pasaran adalah kayu dengan ketebalan 3 mm, 4 mm, 9 mm dan 18 mm dan luasan 244 x 122 cm. Plywood atau Multiplek merupakan jenis kayu lapis yang memiliki lebih dari 3 lapis vinir. Arah serat antara lapisan bawah dan atas harus searah. Ukuran ketebalan multipleknya beragam mulai dari 9, 12, 15, 18, hingga 24 milimeter. Bahan multiplek mudah dibentuk menjadi beragam model dan memiliki tingkat reduksi yang cukup bagus tetapi tidak terlalu tahan terhadap air dan kelembapan.

MDF Board. MDF terbuat dari campuran bubur kayu dengan bahan kimia tertentu. MDF mempunyai tingkat ketebalan 8, 12, 16 ,22, hingga 30 milimeter. Irisan kayu lapis (vinir) atau pelapis kertas biasanya digunakan untuk finishing yang tersedia dalam beragam warna dan tekstur.

Kelebihan dari bahan ini adalah tahan gores, warna tidak cepat pudar, ukuran dan presisisnya lebih stabil. Sedangkan kelemahannya adalah tidak tahan air atau kelembapan. Sedangkan Medium Density Fiberboard atau yang lebih dikenal dengan MDF merupakan serbuk kayu yang proses pembuatannya dicampur dengan resin kimia setelah itu dipadatkan. MDF ini memiliki kelebihan yaitu dalam proses pembuatan furniture atau lainnya, jenis kayu ini cenderung lebih mudah untuk dibentuk, kekuatannya pun stabil, MDF juga bisa diterapkan system finishing seperti HPL, melamix, PVC dan system finishing lainnya.

Blockboard. Jenis kayu ini merupakan potongan kayu kotak kecil-kecil yang kemudian dipadatkan menggunakan mesin dan diberi pelapis venner di kedua sisinya sehingga menjadi sebuah lembaran menyerupai papan. Ketebalannya sendiri bisa mencapai 12 mm, 15 mm hingga 18 mm dan luasannya sama dengan multipleks. Blockboard biasanya dibuat dari jenis kayu yang lunak sehingga tidak sekuat plywood. Biasanya para pengrajin furniture menggunakan kayu ini untuk membuat rak, cabinet ataupun kitchen set. Black Board merupakan potongan kayu-kayu dengan ukuran 2-5 cm yang dipadatkan dengan mesin. Dibandingkan dengan kayu yang lain, Black Board termasuk baik kualitasnya dan menjadi kayu hasil olahan tertinggi kedua setelah plywood. Ketebalan Black Board sekitar 12 – 18mm dengan lebar yang sama dengan plywood. Umumnya diluaran sana ada dua black board yang umum diketahui banyak orang yang itu jenis sungkai block dan teak block. Bedanya apa?? bedanya kalau sungkai block lapisan terluar dari kayu sungkai sedangkan teak block merupakan lapisan terluar dari irisan kayu jati.

Particle Board. Particle board adalah kayu olahan yang terbentuk dari serbuk kayu yang dicampur dengan bahan kimia khusus. Setelah itu, campuran disatukan dengan lem, baru kemudian dikeringkan. Keuntungan menggunapak papan particle adalah ukuran penyusutan pada bagian lebar-panjangnya relative kecil meski bagian ketebalannya sangan peka terhadap kepembapan. Walaupun sering digunakan sebagai bahan dasar furniture, sebenernya kayu ini tergolong tidak tahan lama. Dalam kurun waktu tertentu, particle bisa berubah bentuk, terutama jika terkena air, menopang beban yang amat berat, maupun sering dipindah pindah. Ya, particle board biasanya terbuat dari partikel sisa pekerjaan kayu seperti serbuk gergaji, potongan kayu, serpihan kayu yang kemudian direkatkan menggunakan bahan kimia. Proses pembuatannya serupa dengan kayu fiber lainnya. Hanya saja bahan particle board lebih kasar dan tidak beraturan. kalau menggunakan kayu jenis ini, baiknya Anda jauhkan dari jangkauan air, karena kayu ini akan mudah lapuk jika terkena air.

Jenis Desain Lemari Pakaian di Tangerang Bintaro Serpong BSD

Lemari pakaian ternyata memiliki banyak jenis dan macam termasuk lemari pakaian custom itu sendiri. Umumnya kita mengenal lemari pakaian dari kategori lemari pakaian tradisional, minimalis dan modern. Yang membedakan adalah nuansa tipe, pemakaian bahan material, dan jenis ornamen yang ada. Namun dari sisi lain seperti dari sisi model pintu kita bisa membedakan lemari pakaian dengan model pintu swing dan model pintu geser atau sliding. Dari sisi tampilan kita bisa membedakan jenis lemari pakaian dari model minimalis, model mewah dan model ukiran. Selanjutanya dari bahan material kita bisa membedakan lemari pakaian dari bahan material kayu solid, lemari pakain dari bahan material kayu olahan dan bahan material lainnya.

Bagaimana mendesain lemari pakaian custom sesuai keinginan klien? Sebelum melakukan proses desain lemari pakaian tentu kita harus tahu faktor faktor apa saja yang perlu diketahui ? Ada beberapa hal penting untuk memndesain lemari pakaian custom:

1. Penentuan volume, yaitu seberapa luas lemari pakaian akan dibuat baik dari sisi panjang, lebar dan tinggi. Sehingga desain bisa dibuat menyesuaikan dengan kondisi real di lapangan. penentuan volume ini juga termasuk ukuran detail tiap tiap laci rak atau ambalan atau juga tiap tiap ruangan dalam lemari itu sendiri harus dibuat detail ukuran pastinya.
2. Jenis Bahan Material. Bahan material apa yang akan kita buat dari lemari ini? apakah bahan kayu solid atau kayu olahan? jenis kayu solid apa yang mau? apakah kayu jati, sonokeling, sungkai dan lainya? ataukah bahan plywood, mdf board, particle board?
3. Custom Dalaman, yaitu bagaimana bentuk dalam lemari yang diinginkan, jika untuk lemari pakaian umumnya peletakan pakaian dilakukan dengan 2 cara yiatu digantung dan ditaruh. Jika kita membuat lemari pakaian dengan model gantung maka kita singkirkan ambalan untuk pakaian yang ditaruh dan kita buat lemari pakaian gantung. Sebaliknya juga begitu.
4. Bentuk Tampilan Luar. Bentuk tampilan luar perlu didetailkan kembali sehingga apakah menggunakan ornament, atau model minimalis saja, ada juga lemari pakaian yang menghendaki daun sisi pintu menggunakan kaca cermin sebagai tampilan luarnya, atau ada juga yang menggunakan kaca transparan agar kelihatan sisi dalamnya. Intinya model harus dietailkan sebelum proses desain dikerjakan.
5. Jenis Finishing, yaitu pada umumnya finishing lemari pakaian ada 2 cara yaitu dengan cat dan hpl atau taco. Maka finishing yang digunakan perlu dietailkan secara lebih detail. Jika menggunakan cat apakah lemari pakaian dengan finishing cat duco, cat melamik atau plitur? Jika menggunakan finishing hpl atau taco, jenis hpl dan taco mana yang dipilih.

Kelima hal diatas jika kita sudah mendapatkan datanya maka akan mudah bagi desainer untuk mendesain lemari pakaian sesuai custom keinginan konsumen. Maka dalam membuat lemari pakaian custom ini, sangat ditentukan oleh faktor diatas. Bentuk, ukuran, tampilan juga pasti akan berbeda beda dari lemari pakaian yang biasa beredar di pasaran.

Jasa Pembuatan Lemari Pakaian HPL di Tangerang Bintaro Serpong BSD

HPL merupakan bahan material finishing digunakan sebagai lapisan paling atas (paling depan) untuk interior dan furniture. HPL terdiri dari tiga lapisan yaitu overlay paper (lapisan anti goresnya), pattern paper (design atau motif), dan kraft paper yang diresapi dengan resin, kemudian dipress dengan tekanan dan suhu tinggi sehingga membentuk lembaran laminasi. HPL sering digunakan sebagai bahan finishing daun pintu, lemari, meja, kitchen set, panel dinding, dan lain-lain. Bentuk permukaan terdiri dari semigloss, doff, glossy, dan berserat kayu atau motif timbul.

HPL memiliki kelebihan yaitu cukup anti gores dan anti air. Tidak seratus persen anti gores, namun memang material ini kuat berkat bahan utamanya yang merupakan plastik keras PVC dengan permukaan bertekstur. Material ini lebih kuat daripada material sheet yang biasanya digunakan untuk melapisi furniture murah yang dijual di toko-toko furniture biasa. Oleh karena itu HPL memiliki ketahanan lebih baik terhadap panas dan goresan. Selain itu HPL memiliki banyak sekali jenis mulai dari motif kayu, warna solid, metalik, hingga motif seperti marmer dan granit sehingga memiliki banyak pilihan untuk furniture dengan tampilan yang modern dan minimalis. Pemakaian HPL lebih cepat selesai dibanding dengan finishing spray. Perawatannya juga cukup mudah cukup gunakan air bersih dan kain lap untuk membersihkannya.

HPL ini juga memiliki kelemahan yaitu jika proses memotong HPL tidak sempurna maka hasil finishing HPL akan terlihat tidak rapi, terutama pada bagian pinggir / ujungnya karena bagian edging atau pinggirnya harus difinishing kembali. HPL bersifat getas dan mudah patah, sehingga agak susah dibengkokan untuk bidang melengkung.

Biaya Pembuatan Lemari Pakaian HPL Tangerang Bintaro Serpong BSD

Bagaimana menghitung biaya pembuatan lemari pakaian hpl Tangerang? Cara menghitung biaya pembuatan lemari pakaian hpl Tangerang pada prinsipnya sama dengan cara perhitungan pembuatan lemari pada umumnya, yaitu harga per meter persegi ruangan lemarinya. Umumnya lemari pakaian menggunakan dimensi ukuran volume meter persegi, yaitu ukuran panjang dan tinggi lemari pakaian dengan catatan kedalam lemari pakaian kurang dari 60 cm. Maka jika membuat lemari pakaian custom laopis hpl dengan ukuran panjang 3 m dan tinggi 3 m maka kita bisa mendapatkan volume ruangan yaitu panjang 3 m x tinggi 3 m yaitu 9 m2. Sesudah mendapatkan volume maka kita tinggal memberikan harga per meter persegi lemari pakaian tersebut. Maka didapatkan harga total lemari. Namun perlu diingat, bahwa ukuran harga per meter persegi tersebut memiliki spek material khusus, yaitu bahan material yang ditawarkan oleh tukang bikin lemari pakaian. Misalnya dengan spek tripleks 18 mm dengan finishing hpl merk hpl taco dengan harga per m2 adalah Rp 2 juta. Namun jika spek yang ditawarkan lebih tinggi lagi, misalnya engan bahan tripleks 18 mm meranti dan finishing cat duco, maka biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih tinggi, karena biaya pengecatan duco umumnya cukup mahal.

Namun pada prinsipnya biaya pembuatan lemari pakaian custom dipengaruhi oleh faktor sebagai berikut, yaitu bahan material yang digunakan, jenis finishing apakah dengan hpl, atau cat duco melamik, aksesoris yang digunakan apakah menggunakan aksesoris lemari pakaian yang mahal, standard atau murah dan lainnya. Maka faktor faktor tersebut mempengaruhi biaya pembuatan lemari pakaian secara keseluruhan. Untuk melihat apakah suatau lemari pakaian itu murah atau tidak maka dilihat dari spek bahan yang digunakan diatas. Tentu kita harus faham mengenai spek bahan material tersebut sehingga dapat membandingkannya dengan fair. Tentu membandingkan suatu produk harus dengan prinsip aple to aple sehingga bisa ketahuan mana yang lebih murah. Seperti juga semua bahan material memiliki spesifikasi tertentu dan tidak semuanya dibandingkan setara.

Maka kita bisa tahu bahwa ada jasa tukang bikin lemari pakaian hpl yang memberikan harga murah, ada yang memberikan harga pasaran dan ada yang memberikan harga tinggi disebabkan karena perbedaan bahan material yang digunakan menentukan hasil akhirnya. Kualitasnya dari bahan plywood dan jenis hpl saja bisa menentukan perbedaan cukup tinggi.

Bagi anda yang membutuhkan jasa pembuatan lemari di Tangerang, jasa bikin lemari wardrobe di Tangerang Bintaro Serpong BSD, buat lemari baju murah di Tangerang, silahkan hubungi kami. Dengan senang hati kami membantu anda. Terimakasih

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *