Jasa Pasang Ganti HPL Lemari Pakaian, Kitchen Set, Meja Kantor, Kusen Pintu, Backdrop TV dll

Anda membutuhkan jasa ganti pasang hpl untuk mengubah penampilan furniture anda di rumah, kantor atau apartemen? Ganti pasang hpl kitchen set, ganti pasang hpl lemari pakaian, ganti pasang hpl meja kantor, ganti pasang hpl kusen pintu dan sebagainya? silahkan hubungi kami sebagai jasa tukang service furniture yang berpengalaman dan perusahaan yang bergerak dibidang furniture di Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang dan Bekasi?

Sebagai perusahaan jasa furniture kami melayani jasa service furniture yaitu:
1. Jasa Ganti Pasang HPL furniture lama seperti kitchen set, lemari pakaian, meja kantor, partisi kantor, backdrop tv dan sebagainya.
2. Jasa Service Furniture, yaitu pembetulan service furniture yang rusak untuk diperbaiki dan dibuat baru.
3. Jasa Pengecatan Furniture, yaitu jasa tukang cat melamin, cat duco dan plitur. Pengecatan ulang cat duco, melamin dan plitur untuk lemari pakaian, meja makan, meja kantor, lemari rak buku, lemari arsip dan sebagainya.

Sebelum melakukan service reparasi perbaikan mebel furniture kantor, dan ganti pasang hpl baru, maka kita perlu memetakan masalah atau mendetailkan masalah seputar mebel furniture kantor. Umumnya masalah yang muncul seputar mebel furniture kantor yaitu:

1. Kerusakan mebel furniture kantor. Kerusakan ini umumnya karena pemakaian yang sudah bertahun tahun, dimakan lembab atau air sehingga mebel furniture menjadi rusak dan tidak bisa digunakan secara maksimal.

2. Penggantian HPL. Hpl yaitu lapisan finishing yang umumnya banyak digunakan sebagai lapisan akhir dari sebuah furniture kantor selain cat dan sejenisnya. Hpl ini sering kali juga patah, rusak atau bahkan terkelupas lemnya sehingga furniturenya tidak bisa dipakai. Lapisan hpl ini sering kita jumpai pada meja kantor, meja resepsionis, meja meeting, meja direktur, rak lemari kantor dan sebagainya.

3. Kerusakan cat furniture kantor. Mebel furniture kantor sering kali banyak yang menggunakan cat sebagai bahan finishingnya. Seperti cat duco, cat plitur, cat melamin dan sebagainya. Namun karena usia, maka mebel furniture kantor menjadi kusam, catnya pun mulai pudar sehingga tidak indah lagi.

4. Masalah kunci dan handle. Sering kali juga mebel furniture kantor memiliki masalah seputar engsel, kunci dan handle lemari atau rak yang patah, rusak dan lainnya.

Untuk pemasangan hpl furniture lama maka ada tahapan pemasangan yaitu pembuangan hpl lama dan pemasangan hpl baru. Untuk hpl harus dibuang semua agar rapi dan harus dibersihkan dulu dari lem dan sejenisnya.

Finishing ini adalah jenis finishing kayu dengan sistem tempel. Finishing ini cukup sering saya pakai karena relatif cepat diaplikasikan dan pilihannya motifnya banyak.

Beberapa klien sering tanya:

1. Kuat gak? – Kuat selama pemakaian furniturenya normal-normal aja, gak dibanting atau dilempar.

2. Tahan air? – Dibanding decosheet yang juga sistem tempel, HPL lebih tahan karena lebih tebal dan bahan utamanya resin emang tahan air. Kalau kena percikan cairan sebaiknya segera di lap.

3. Harganya? – Variatif. Untuk satu merk HPL saja bisa berbeda-beda tergantung jenis. Antara 90 ribu sampe 600 ribu rupiah per lembar.

HPL dijual lembaran seperti ukuran tripleks 122 x 244 cm. Merk-nya macem-macem seperti Winston Best, TACO HPL, Grass Merino, dan banyak lagi.

Cara aplikasi HPL sebagai finishing sebenarnya susah-susah-susah, gampang. Proses memotong, mengelem, memasang, menghaluskan itu merupakan satu skill tersendiri. Ketelatenan tukang diperlukan disini.

Nah, saat menggunakan finishing HPL kita tidak boleh melupakan yang namanya Edging. Ini adalah pelengkap yang membuat finishing makin rapi. Edging biasanya dipakai pada pinggiran pintu, laci, top table, dll. Bahan edging adalah plastik seperti PVC.

Edging yang baik adalah yang motif dan warnanya mirip/persis dengan HPL yang digunakan. Ini supaya tidak muncul kesan belang. Tapi.. terkadang sebuah merk tidak mengeluarkan edging yang sama persis dengan HPL yang mereka produksi. Kalau sudah begini, kita biasanya menggunakan HPL yang dipotong tipis sebagai edging, atau tetap menggunakan edging yang dirasa semirip mungkin dengan warna HPL.

Ada beberapa cara pemasangan HPL dan edging yang menggunakan mesin khusus, karena biasanya digunakan untuk perusahaan mebel. Tapi, biasanya cara ini diterapkan pada para tukang mebel secara umum.

Berikut ini merupakan alat-alat yang diperlukan:

– Meja potong lengkap dengan mesin potong dan mata potong kayu dengan gigi yang halus.
– Peralatan standard tukang seperti sikuan, pensil, meteran dan scrap.
– Mesin router dan mata router
– Amplas

Bahan yang diperlukan juga ada beberapa, seperti:
1. Multiplex
2. HPL Laminate sesuai corak dan kebutuhan.
3. Edging yang sesuai corak dan kebutuhan
4. Lem kuning

HPL (High Pressure Laminate)

HPL merupakan bahan material finishing digunakan sebagai lapisan paling atas (paling depan) untuk interior dan furniture. HPL terdiri dari tiga lapisan yaitu overlay paper (lapisan anti goresnya), pattern paper (design atau motif), dan kraft paper yang diresapi dengan resin, kemudian dipress dengan tekanan dan suhu tinggi sehingga membentuk lembaran laminasi. HPL sering digunakan sebagai bahan finishing daun pintu, lemari, meja, kitchen set, panel dinding, dan lain-lain. Bentuk permukaan terdiri dari semigloss, doff, glossy, dan berserat kayu atau motif timbul.

HPL memiliki kelebihan yaitu cukup anti gores dan anti air. Tidak seratus persen anti gores, namun memang material ini kuat berkat bahan utamanya yang merupakan plastik keras PVC dengan permukaan bertekstur. Material ini lebih kuat daripada material sheet yang biasanya digunakan untuk melapisi furniture murah yang dijual di toko-toko furniture biasa. Oleh karena itu HPL memiliki ketahanan lebih baik terhadap panas dan goresan. Selain itu HPL memiliki banyak sekali jenis mulai dari motif kayu, warna solid, metalik, hingga motif seperti marmer dan granit sehingga memiliki banyak pilihan untuk furniture dengan tampilan yang modern dan minimalis. Pemakaian HPL lebih cepat selesai dibanding dengan finishing spray. Perawatannya juga cukup mudah cukup gunakan air bersih dan kain lap untuk membersihkannya.

HPL ini juga memiliki kelemahan yaitu jika proses memotong HPL tidak sempurna maka hasil finishing HPL akan terlihat tidak rapi, terutama pada bagian pinggir / ujungnya karena bagian edging atau pinggirnya harus difinishing kembali. HPL bersifat getas dan mudah patah, sehingga agak susah dibengkokan untuk bidang melengkung.

Nah, berikut ini adalah cara pemasangan HPL yang benar:

1. Pasangkan laminate pada panel multiplex dengan lem kuning, dengan dioleskan 2x pada masing-masing bidang multiplex dan hpl. Tunggu hingga cukup kering, kemudian tempelkan hpl pada multiplex secara perlahan dan ditekan secara berurutan ke arah luar.

Hal ini dilakukan agar udara tidak terjebak di dalam dan hpl merekat kuat dan rata pada multiplex.

2. Potong panel multiplex sesuai ukuran yang diinginkan dengan menggunakan meja potong.

3. Setelah mendapat ukuran panel yang diinginkan, bersihkan dengan amplas pada bagian pinggir bekas potongan.

4. Siapkan edging yang akan ditempel pada pinggiran panel, berikan lem kuning 2x pada masing-masing permukaan. Tunggu hingga cukup kering, setelah itu tempelkan edging secara hati-hati ke pinggiran panel dan tekan secara berurutan ke arah pinggir hingga cukup kuat.

5. Potong sisa pinggiran hpl dengan router, tipe mata pisau samping dan bentuk edging yang sudah rata dengan panel hpl tersebut. Jangan lupa haluskan dengan amplas.

Jasa Ganti Pasang HPL

Sebagai perusahaan furniture kami melayani seluruh area Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang dan Bekasi baik untuk perumahan pribadi, kantor atau apartemen untuk mengganti hpl furniture anda.
Layanan yang kami berikan adalah:
1. Jasa Ganti Pasang HPL Kitchen Set
2. Jasa Ganti Pasang HPL Lemari Pakaian
3. Jasa Ganti Pasang HPL Tempat Tidur
4. Jasa Ganti Pasang HPL Meja Kantor
5. Jasa Ganti Pasang HPL Backdrop TV
6. Jasa Ganti Pasang HPL Partisi Kantor
7. Jasa Ganti Pasang HPL Kusen Pintu
8. Jasa Ganti Pasang HPL Lemari Arsip
9. Jasa Ganti Pasang HPL Meja Resepsionis
10. Jasa Ganti Pasang HPL lainnya

Biaya pemasangan ganti hpl dihitung berdasarkan jenis furniturenya. Misalnya untuk kusen pintu dan daun pintu biasanya kami hitung per unit dengan catatan ukuran standard. Jika kusen pintu bukan ukuran standard maka kami kenakan biaya berdasarkan ukuran per m1 dan per m2. Beda dengan ganti hpl kitchen set kami menggunakan ukuran per m1 dengan catatan m1 untuk luar saja dan dalam saja. Begitu pula untuk ganti hpl lemari pakaian atau lemari rak arsip dan sejenisnya, kami menggunakan ukuran per m2. Demikian seterusnya hitungan ganti hpl dihitung berdasarkan hitungan pembuatan furniture yaitu meter lari atau meter persegi.

Cara Memasang HPL Pada Dinding Tembok agar Kuat dan Rapi

HPL (High Pressure Laminated) dikenal sebagai material yang dapat dipakai untuk memberikan finishing terhadap suatu produk. Produk yang dilapisi menggunakan HPL ini akan mempunyai penampilan dengan nilai yang lebih tinggi. Biasanya sih HPL dimanfaatkan sebagai material finishing untuk furniture. Namun ternyata HPL ini juga bisa diterapkan pada dinding ruangan loh. Material ini dapat menggantikan peran cat dinding dan wallpaper dalam menghias ruangan. Ruangan yang dihiasi HPL tidak cuma terlihat indah, tetapi juga nilai, estetika, dan kemewahannya pun akan meningkat secara drastis.

Produk HPL dijual berupa lembaran-lembaran yang berukuran 2440 mm x 1220 mm dengan ketebalan 0,6-1 mm. Harganya bervariasi. Mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 500.000 per lembar tergantung kualitas dan motif yang dimilikinya. Harganya akan semakin murah apabila Anda membelinya secara langsung di toko bangunan yang menjadi distributor resmi dari produk HPL tersebut. Soal pilihan motif, ada banyak sekali kok. Dari mulai motif yang mempunyai penampilan menyerupai kayu, granit, marmer, besi, floral, sampai warna solid. Anda bisa menyesuaikannya menurut desain yang ingin dibuat.

Secara prinsip, proses pemasangan HPL pada dinding tersebut sama seperti ketika kita memasang HPL di furniture. Peralatan dan bahan-bahan yang digunakan di sini pun sama persis kok. Tapi kali ini Anda pun membutuhkan paku untuk membuat HPL bisa menempel dengan kuat di permukaan dinding. Tak seperti furniture, dinding mempunyai banyak masalah. Udara yang lembab membuat HPL yang sudah terpasang rapi akan terlepas sedikit demi sedikit. Ukurannya yang besar ser pola pemasangan secara vertikal juga menyebabkan HPL di permukaan dinding tersebut harus ditahan dengan lebih kuat.

Di bawah ini merupakan langkah-langkah kerja untuk memasang HPL di dinding agar mampu menempel dengan kuat, hasilnya rapi, dan tidak mudah terlepas sendiri!

Mempersiapkan Permukaan Dinding

Jangan langsung main tempel HPL tersebut ke permukaan dinding begitu saja. Walaupun Anda memang bisa menempelkannya secara rapi, namun HPL tersebut pasti tidak akan bertahan lama. Sebaiknya Anda lakukan langkah-langkah persiapan secara matang terlebih dulu. Bagaimana caranya? Mulailah dengan membersihkan permukaan dinding dari kotoran. Lalu Anda dapat mengaplikasikan bahan waterproofing di sini untuk mencegah kelembaban. Bagaimanapun juga HPL harus dilindungi semaksimal mungkin agar terhindar dari kelembaban yang tinggi. Biarkanlah 3-5 hari agar permukaan dinding benar-benar kering.

Memotong HPL dengan Ukuran Tepat

Ketahui ukuran dinding yang akan dipasangi HPL. Anda bisa mengukur bidang dinding tersebut memakai meteran. Kemudian buatlah pola yang sesuai dengan ukuran bidang dinding yang akan dipasangi HPL ini. Sebisa mungkin minimalkan potongan untuk menghasilkan tampilan HPL yang bersih dan rapi. Kerjakan proses pemotongan HPL tersebut secara tepat sesuai dengan panduan yang pernah kami bagikan pada artikel sebelumnya. Gunakanlah gergaji circle dengan mata potong keramik untuk mempermudah Anda dalam memotong HPL. Selanjutnya Anda perlu mengampelas bekas potongan tersebut sampai rapi.

Memasang HPL di Dinding Ruangan

Proses pemasangan HPL di dinding sebaiknya dilakukan pada waktu siang hari yakni ketika kondisi cuaca sedang cerah dengan suhu udara rata-rata sekitar 28-30 derajat celsius. Kenapa? Hal ini sangat penting sebab kalau pemasangan HPL dikerjakan saat cuaca terlalu panas atau dingin, akibatnya permukaan HPL akan melengkung. Oleskan lem kuning di bagian belakang HPL serta permukaan dinding. Tempelkan HPL tersebut secara hati-hati. Tekanlah dari tengah ke atas, lalu tekan lagi dari tengah ke bawah. Selanjutnya Anda perkuat lagi ikatannya tersebut dengan memasang paku memakai mesin tembak paku (nail gun).

Menyempurnakan Hasil Pekerjaan

Mulailah dengan menutup bagian-bagian sambungan menggunakan dempul. Oleskan dempul ini secara cermat supaya hasilnya rapi. Usahakan jangan sampai dempul mengenai permukaan HPL. Bagian ujung HPL yang tidak rata dengan area sebelahnya dapat Anda rapikan menggunakan cutter. Setelah itu, gosok menggunakan ampelas yang paling halus. Untuk menyamarkan keberadaan paku, warnai paku tersebut sesuai warna HPL memakai cat kayu atau spidol HPL khusus. Sedangkan untuk menghilangkan sisa-sisa lem yang masih menempel di permukaan HPL tersebut, Anda bisa membersihkannya dengan bensin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *