Biaya Pembuatan Lemari HPL Laminate

Untuk membuat lemari hpl tentu ada langkah langkah yang harus dikerjakan dahulu. Pada prinsipnya ada 2 langkah utama yaitu proses persetujuan desain dan proses produksi. Untuk membuat lemari hpl baik lemari pakaian, credenza, lemari arsip dokumen, lemari sepatu, furniture custom maka diperlukan pengukuran dan desain. Pengukuran yaitu memastikan ukuran masing masing lemari baik dari sisi panjang, tinggi dan lebar bisa sesuai keinginan klien, termasuk ukuran sisi dalam ruangan lemari itu sendiri. Jika ukuran masing masing sudah terukur maka langkah berikutnya adalah menentukan desain lemari itu sendiri, baik desain lemari pakaian, desain lemari sepatu, desain lemari tas, desain lemari baju dan sebagainya.

Untuk desain lemari pada umumnya memiliki unsur desain minimalis, desain kontemporer, desain modern atau desain mewah. Semua tergantung dari keinginan klien yang hendak menggunakan lemari itu. Untuk membuat desain lemari pada umumnya kita memberikan sedikit gambaran mengenai bagaimana nampaknya lemari nantinya sebelum dilakukan proses desain, yaitu meminta persetujuan dari klien hal hal apa saja yang dimasukan dalam unsur desain, misalnya pintu kaca cermin, dengan cat warna putih dan ukiran warna emas. Bisa dengan tambahan lampu utama atau lampu didalam ruangan lemari ketika pintu dibuka dan sebagainya. Unsur unsur desain ini harus dipastikan dahulu sebelum proses pembuatan desain dikerjakan. Sesudah mendapatkan informasi lengkap maka desainer bisa membuat desain lemari sesuai ukuran dan gambaran yang diinginkan klien.

Sesudah proses pembuatan desain dilakukan dan mendapatkan persetujuan dari klien, maka kontraktor furniture bisa membuatkan lemari sesuai ukuran dan desain yang diinginkan oleh klien.

Proses produksi lemari hpl dilakukan dengan mengacu pada gambar kerja dan desain yang diinginkan termasuk aksesoris lemari yang detail. Maka proses produksi lemari hpl pada umunya dilakukan adalah :
1. pemotongan bahan material sesuai ukuran
2. pemasangan bahan material utama termasuk rangka dan lainnya
3. pemasangan rel dan engsel pintu
4. pemasangan aksesoris lainya seperi kaca cermin, lampu, lis aluminium dan sebagainya
5. pemasangan hpl
6. pemasangan lemari jadi, yaitu membentuk lemari seperti desain yang diinginkan.

Bahan Material Lemari HPL

Plywood(multipleks). Untuk membuat lemari hpl, baik lemari pakaian hpl, lemari baju hpl, lemari sepatu hpl, lemari buku hpl, lemari rak surat arsip hpl, maka bahan utama yang banyak digunakan adalah plywood atau multipleks. Tripleks plywood atau lebih sering disebut multipleks menjadi kayu fovorit pilihan masyarakat untuk membuat perabot rumah tangga. Terutama membuat lemari. Kelebihan tripleks plywood adalah lebih murah daripada kayu jati, namun memiliki daya tahan yang bagus terhadap keretakan, lengkungan, plintiran dan pecah. Seiring perkembangan modernitas, tripleks plywood didesain dengan banyak kelebihan khusus, diantaranya: tahan terhadap air, diberi lapisan permukaan yang berseni, serta memiliki daya redam terhadap suara.

Plywood terbuat dari beberapa lembaran tipis, atau lapisan yang arah seratnya disusun saling melintang antara lembaran bawah dengan lembaran bagian atas secara bersamaan dengan lem khusus di bawah tekanan besar sehingga didapatkan ketebalan tertentu. Lembaran-lembaran tersebut biasanya di peroleh dari proses pengupasan kayu log secara rotary. Dari proses ini diperoleh lembaran yang lebar dan panjang pada ketebalan yang kecil (0.3mm – 3 mm).

Plywood terdiri dari kombinasi lapisan serat serat kayu dan kulit kayu dengan lapisan permukaan luar lebih kuat daripada lapisan tengah yang berfungsi untuk mereduksi pemuaian dan tekanan tekuk. Sifat dasar plywood tidak mudah untuk di tekuk, lebih tahan cuaca dan mudah dibentuk terutama untuk pembuatan furniture rumah tinggal.Terdapat beberapa jenis Plywood yang bisa kita temukan di pasaran yaitu plywood dari kayu pinus, dari kayu sengon dan plywood dari kayu sungkai. Harga plywood ukuran standar perlembar 120x240cm menyesuaikan varian ketebalan plywood yaitu 6mm, 9mm, 12mm, 15mm, 18mm dan 24mm.

Dari konstruksi yang digunakan untuk membuat plywood, maka bahan ini sangat tahan terhadap resiko pecah/retak, melengkung atau melintir yang tergantung pula pada ketebalannya. Dimulai dari standar ketebalan 3mm, 4mm, 6,9,12,15,18mm dan seterusnya. Pada awalnya plywood diproduksi karena kebutuhan akan papan lebar sangat besar dan apabila menggunakan kayu solid sangat beresiko tinggi terhadap efek penyusutan kayu (melengkung, melintir dan pecah/retak). Namun demikian plywood juga memiliki keterbatasan dalam ukuran panjang dan lebar.

Bahan lain pembuat lemari hpl adalah blockboard, mdf board dan particle board.

Blockboard. Blockboard merupakan potongan kayu kotak kecil-kecil ( sekitar 2.5 – 5 cm ) yang dipadatkan dengan mesin dan diberi pelapis venner di kedua sisinya sehingga menjadi sebuah lembaran menyerupai papan. Ketebalannya bisa 12 mm, 15 mm dan 18 mm dan luasannya sama dengan multipleks.

Blockboard biasanya dibuat dari kayu lunak sehingga tidak sekuat plywood. Harganya pun sedikit dibawah plywood. Jenis block board yang banyak tersedia adalah teakblok (memakai lapisan venner kayu jati). Cukup baik untuk membuat rak, cabinet ataupun kitchen set.

Kayu MDF ( Medium Density Fibreboard ). MDF terbuat dari serbuk kayu halus dan bahan kimia resin yang direkatkan dan dipadatkan dengan suhu dan tekanan yang tinggi. Kayu yang dipakai biasanya diambil dari kayu sisa perkebunan ataupun bamboo. Ini membuat MDF lebih ramah lingkungan. Bentuknya berupa papan atau lembaran yan siap dipotong sesuai dengan kebutuhan. Versi yang lebih padat dan lebih kuat dikenal dengan HDF (High Density Fibreboard).

MDF sangat fleksibel sehingga mudah dibentuk. Ukuran dan kekuatannyapun konsisten. Namun karena memakai bahan kimia resin, MDF lebih berat dari Plywood dan particle board. Di pasaran MDF memiliki jenis finishing yang sangat berfariasi dari cat kayu, venner, PVC, HPL ataupun paper laminate. Warna dan motifnya pun dapat dibuat sangat beragam. Furniture yang memakai bahan MDF biasa dipakai untuk furniture praktis yang diproduksi masal oleh pabrik. Sistem knock down digunakan hampir di semua industry furniture dengan menggunakan dowel (batang kayu atau plastic kecil) atau connecting bolt yang membuat produk dapat dibongkar pasang dengan mudah.

Particel Board. Particle board terbuat dari partikel sisa pekerjaan kayu seperti serbuk gergaji, potongan kayu kecil, serpihan kayu dan bahan kimia resin yang direkatkan dengan tekanan tinggi dan kemudian dikeringkan. Prosesnya kurang lebih hampir sama dengan MDF hanya bahan MDF lebih halus dan seragam, sedangkan partikel board lebih kasar dan tidak beraturan.

Harga particle board paling murah diantara kayu olahan lainnya. Musuh terbesarnya adalah air sehingga mempunyai keterbatasan dalam pemakaiannya di rumah tangga. Jika bahan ini basah maka kekuatannya akan hilang. Selain itu particle board juga dapat melengkung jika menahan beban berat.

Dalam proses finishingnya particle tidak bisa di cat atau di coating karena teksturnya yang kasar. Sehingga untuk menutupi permukaannya dipakai lapisan veneer, laminate atau fancy paper laminate yang direkatkan. Berhati hati juga karena partikel board tidak bisa digabungkan memakai paku atau sekrup biasa. Biasanya pabrik menggunakan semacan perekat atau sekrup khusus untuk menginstal furniture berbahan particle board.

 

Apa itu HPL? Mari Kita Kenal Lebih Jauh.

HPL ( High pressure Laminated ) adalah lapisan akhir atau finishing berbagai benda furniture berbahan dasar plastik yang tipis yang akhir – akhir ini menjadi sangat familier dan cukup menarik minat dunia furniture, terutama untuk furniture berbahan dasar multiplek yang mana biasanya finishing/pelapis terluar menggunakan bahan triplek corak ( jati, sungkai, mahoni, megateak , nyatoh ) kini secara perlahan dan pasti mulai ditinggalkan.

High Pressure Laminate (HPL) yaitu laminasi dengan tekanan tinggi yang merupakan salah satu bahan finishing umum digunakan dalam produk mebel dan permukaan interior. Ini bekerja lebih baik sebagai penutup permukaan untuk cabintets, meja, kitchen set, dekorasi interior, dll meningkatnya biaya dan kekurangan pasokan bahan kayu yang nyata, seiring dengan meningkatnya permintaan dari bahan yang ramah lingkungan telah membuat HPL sebagai salah satu yang paling populer finshing bahan untuk produk furniture dan dekorasi interior.

HPL (High pressure Laminated) adalah lapisan akhir atau finishing berbagai benda furniture berbahan dasar plastik yang tipis yang akhir – akhir ini menjadi sangat familier dan cukup menarik minat dunia furniture, terutama untuk furniture berbahan dasar multiplek yang mana biasanya finishing/pelapis terluar menggunakan bahan triplek corak ( jati, sungkai, mahoni, megateak , nyatoh ) kini secara perlahan dan pasti mulai ditinggalkan.

Perubahan treatment ini biasanya masih memerlukan treatment melamic/ duco yang mana dari segi biaya dan waktu sangat jauh perbedaannya, HPL lebih praktis, cepat dan lebih murah oleh karena itu dampak yang ditimbulkan berkurangnya omset penjualan bahan finishing yang diikuti meningkatnya pengangguran oleh pekerja finishing yang selama ini menggantungkan pekerjaan di sektor ini.

High Pressure Laminate (HPL) yaitu laminasi dengan tekanan tinggi yang merupakan salah satu bahan finishing umum digunakan dalam produk mebel dan permukaan interior. Dalam pekerjaan pemasangan HPL bisa digunakan sebagai penutup permukaan untuk cabintets, meja, kitchen set, dekorasi interior, dll meningkatnya biaya dan kekurangan pasokan bahan kayu yang nyata, seiring dengan meningkatnya permintaan dari bahan yang ramah lingkungan telah membuat HPL sebagai salah satu yang paling populer finshing bahan untuk produk furniture dan dekorasi interior.

HPL memiliki bermacam ragam corak dan warna permukaan yang dapat kita gunakan, dan dari berbagai ragam tersebut yang paling banyak merupakan corak dan warna kayu berbagai jenis. Ada pula warna dan kesan metalik.

HPL memiliki kelebihan yaitu cukup anti gores dan anti air. Tidak seratus persen anti gores, namun memang material ini kuat berkat bahan utamanya yang merupakan plastik keras PVC dengan permukaan bertekstur. Material ini lebih kuat daripada material sheet yang biasanya digunakan untuk melapisi furniture murah yang dijual di toko-toko furniture biasa.

HPL memiliki kelebihan berupa pengerjaan yang lebih bersih daripada menggunakan cat duco atau sanding, karena material ini di lem pada multipleks. Bagi pengrajin meubel dan furniture multipleks, material ini memiliki keunggulan bersih dan cepat.

HPL Memiliki banyak ragam jenis mulai dari warna solid, tekstur, logam, bebatuan dan urat kayu.Harga dan ketebalan juga sangat bervariasi. Ketebalan biasanya mulai dari 0.8 mm hingga 1.5 mm. Berikut macam jenis hpl :
1. HPL Wood Grain / Gradasi Kayu. Pilihan untuk motif gradasi kayu ini cocok bagi Anda yang ingin interior rumah terlihat harmonis dan hangat. HPL bercorak kayu ini sangat ragam warnanya, ada warna tua, terang dan pucat. Untuk tipenya hadir mulai dari dark ebony, zebra wood, ori zebrano dan canadian maple.
2. HPL Real Wood / Motif Kayu. Jika Anda ingin menghadirkan suasana alami dan natural seperi warna kayu, HPL juga memiliki tekstur dan motif kayu yang menarik. Motif ini biasanya lebih cocok untuk ditempelkan pada kitchen set, lemari, meja rias dan lainnya yang terkesan artistik. Untuk jenis real wood ini ada beberapa pilihan yang bisa Anda pilih seperti tiger eye, classic eye, cat eye dan bird eye.
3. HPL Solid Color / Warna. HPL juga memiliki warna-warna yang kuat dan berani. Ada yang tampil glossy ataupun matt/doff, yang keduanya tentu saja menarik untuk diaplikasikan. Pemilihan warna yang kuat akan membuat tampilan furnitur menjadi indah dan glamour. HPL jenis ini memiliki warna yang mencolok seperti apple red, apple green, orange, blue dan yellow.

Secara umum jenis HPL dibedakan menjadi dua macam, yaitu produk premium dan produk standart. Kedua jenis ini dibedakan berdasarkan kualitas dan motif yang digunakan. Jenis HPL premium merupakan jenis produk dengan kualitas yang paling baik.

Sedangkan produk standart memiliki kualitas dibawah premium. Motif dan warna HPL premium juga lebih banyak dan bagus dibanding HPL standart. Meskipun memiliki perbedaan jenis, pada umumnya HPL memiliki 3 lapisan yang sama, yaitu overlay paper, pattern paper, dan kraft paper. Pemilihan jenis ini juga harus disesuaikan dengan tempat. HPL premium merupakan jenis yang paling cocok digunakan untuk semua lokasi.

Harga HPL sendiri per lembar juga beragam. Untuk HPL premium berkisar ratusan ribu rupiah. Sedangkan untuk HPL standart harganya mulai jutaan rupiah. Anda bisa memilih jenis HPL dan harga sesuai selera dan kebutuhan Anda. Nah demikianlah sedikit ulasan mengenai jenis HPL dan harga yang cocok untuk semua lokasi.

HPL Laminate terbuat dari lapisan melamin resin dan juga phenolic yang direkatkan dengan suhu panas bertekanan tinggi, serta lapisan decorative paper yang diletakkan di bagian paling luar sebelum proses pressing. Tekanan yang digunakan dalam proses pengepresan sangatlah tinggi, yakni lebih dari 1.000 PSi yang mana PSi sendiri merupakan satuan yang menyatakan besar tekanan.

Apa yang dimaksud dengan melamin resin dan phenolic? Melamin resin dan phenolic adalah jenis bahan plastik termoset dan proses pengepresan dengan suhu tinggi yang dapat mengubah resin menjadi plastik sehingga tersusun menjadi lapisan-lapisan yang keras dan kuat. Proses ini menciptakan kekuatan serta ikatan yang tetap dan tidak dapat berubah sehingga berimbas pada daya tahan dari HPL Laminate itu sendiri.

Selain harga HPL laminate yang murah, lapisan yang satu ini juga memiliki tipe yang bervariasi, mulai dari glossy sampai dengan yang bertekstur seperti serat kayu. Untuk ukurannya pun memiliki dimensi 1220 mm x 2400 mm, sementara ketebalannya mulai 0,5 mm sampai dengan 2 mm. Sebagai salah satu distributor HPL Laminate di Indonesia, Taco juga memberikan pilihan kepada Anda untuk jenis, model, motif dan juga ketebalan HPL Laminate untuk digunakan sebagai finishing furniture hunian Anda.

Jenis Jenis Lemari HPL

Kita mengenal banyak jenis ragam lemari yang ada disekitar kita baik di rumah, kantor, sekolah dan lainnya. Maka kita bisa tahu ada lemari pakaian atau lemari baju, lemari arsip dokumen, lemari surat, lemari credenza, lemari penyimpanan alat, lemari buku, lemari komputer, lemari pajangan atau lemari display, lemari sepatu, lemari tas, lemari lainnya. Pada umumnya lemari tersebut dibuat karena kebutuhan yang memang dibutuhkan dirumah atau dikantor atau disekitarnya.

HPL umumnya dapat dikerjakan untuk semua jenis lemari dari bahan diatas yaitu bahan plywoo d atau multipleks, bahan mdf board, bahan particle board dan bahan blockboard. Meski bahan lemari dari kayu solid dapat dikerjakan namun umumnya kayu solid tidak menggunakan hpl sebagai bahan finishing melainkan menggunakan bahan cat seperti plitur, melamik atau cat duco dan jenis cat lainnya.

Lemari Pakaian HPL.

Salah satu jenis lemari yang banyak menggunakan lapisan hpl adalah lemari pakaian hpl atau lemari baju hpl. Umumnya lemari custom dibuat dengan menggunakan bahan plywood atau multipleks agar awet dan bisa bertahan sampai puluhan tahun dan menggunakan bahan hpl agar harganya murah namun memiliki corak dan desain warna hpl sesuai pilihan kita. Maka lemari pakaian hpl banyak kita kenal dengan banyak ragam dan jenis juga,. tergantung dari desain dan keinginan kita sebagai konsumen.

Lemari pakaian dapat dibedakan dari banyaknya pintu, misalnya lemari pakaian 2 pintu, lemari pakaian 3 pintu, lemari pakaian 5 pintu, lemari pakaian pintu sliding, lemari pakaian pintu swing dan sebagainya. Ada juga lemari pakaian yang menggunakan full bahan hpl dari sisi luar dan sisi dalam, namun pada umumnya lemari pakaian menggunakan melaminto sisi dalam warna putih dan menggunakan lapisan hpl sisi luar saja. Ada pula lemari pakaian yang menggunakan kaca cermin sisi luar atau sisi pintu namun sisi lainnya menggunakan melaminto atau hpl. Semua jenis ini ditentukan oleh konsumen yang menghendaki lemari pakaian sesuai keinginannya.

Konsep lemari pakaian memang dibuat untuk menyimpan pakaian dan sejenisnya seperti dasi, jaket, dan lainnya dengan mudah, cepat dan rapi. Sehingga pembuatan lemari pakaian lebih baik dibuat secara custom menyesuaikan dengan kebutuhan dari pelanggan. Jika kebutuhannya adalah menggantung lemari pakaian, maka pembuatan lemari pakaian juga disesuaikan dengan lebih banyak space untuk menggantung pakaian dibandingkan dengan melipat atau menumpuk pakaian. Demikian juga rak lemari pakaian tidak perlu terlalu banyak agar tidak memakan ruangan dalam lemari. Jika demikian maka kita bisa mendesain lemari pakaian dengan baik berdasarkan kebutuhan dan custom dari pemilik.

Sebaliknya jika lemari pakaian mau banyak ditempatkan sebagai lemari pakaian dengan konsep pakaian yang ditumpuk, maka pembuatan lemari pakaian juga mengikuti hal tersebut, yaitu dengan mengurangi area penggantungan lemari dan diganti dengan rak rak penyimpanan dengan metode penumpukan pakaian. Pada prinsipnya jasa pembuatan lemari pakaian custom selalu mengikuti apa yang menjadi kebutuhan mendesak dari klien sehingga menyesuaikan diri dengan kebutuhan klien.

Selanjutnya sesudah kita berbicara mengenai pembuatan lemari custom, kita juga bisa berbicara mengenai bahan material pembuatan lemari pakaian, jenis jenis desain lemari pakaian, jenis finishing lemari pakaian, harga biaya pembuatan lemari pakaian, serta jasa tukang bikin lemari pakaian terpercaya.

Bagaimana mendesain lemari pakaian custom sesuai keinginan klien? Sebelum melakukan proses desain lemari pakaian tentu kita harus tahu faktor faktor apa saja yang perlu diketahui ? Ada beberapa hal penting untuk memndesain lemari pakaian custom:

1. Penentuan volume, yaitu seberapa luas lemari pakaian akan dibuat baik dari sisi panjang, lebar dan tinggi. Sehingga desain bisa dibuat menyesuaikan dengan kondisi real di lapangan. penentuan volume ini juga termasuk ukuran detail tiap tiap laci rak atau ambalan atau juga tiap tiap ruangan dalam lemari itu sendiri harus dibuat detail ukuran pastinya.
2. Jenis Bahan Material. Bahan material apa yang akan kita buat dari lemari ini? apakah bahan kayu solid atau kayu olahan? jenis kayu solid apa yang mau? apakah kayu jati, sonokeling, sungkai dan lainya? ataukah bahan plywood, mdf board, particle board?
3. Custom Dalaman, yaitu bagaimana bentuk dalam lemari yang diinginkan, jika untuk lemari pakaian umumnya peletakan pakaian dilakukan dengan 2 cara yiatu digantung dan ditaruh. Jika kita membuat lemari pakaian dengan model gantung maka kita singkirkan ambalan untuk pakaian yang ditaruh dan kita buat lemari pakaian gantung. Sebaliknya juga begitu.
4. Bentuk Tampilan Luar. Bentuk tampilan luar perlu didetailkan kembali sehingga apakah menggunakan ornament, atau model minimalis saja, ada juga lemari pakaian yang menghendaki daun sisi pintu menggunakan kaca cermin sebagai tampilan luarnya, atau ada juga yang menggunakan kaca transparan agar kelihatan sisi dalamnya. Intinya model harus dietailkan sebelum proses desain dikerjakan.
5. Jenis Finishing, yaitu pada umumnya finishing lemari pakaian ada 2 cara yaitu dengan cat dan hpl atau taco. Maka finishing yang digunakan perlu dietailkan secara lebih detail. Jika menggunakan cat apakah lemari pakaian dengan finishing cat duco, cat melamik atau plitur? Jika menggunakan finishing hpl atau taco, jenis hpl dan taco mana yang dipilih.

Kelima hal diatas jika kita sudah mendapatkan datanya maka akan mudah bagi desainer untuk mendesain lemari pakaian sesuai custom keinginan konsumen. Maka dalam membuat lemari pakaian custom ini, sangat ditentukan oleh faktor diatas. Bentuk, ukuran, tampilan juga pasti akan berbeda beda dari lemari pakaian yang biasa beredar di pasaran.

Untuk membuat lemari pakaian hpl anda memerlukan ukuran lemari yang hendak dibuat. Lemari pakaian bisa custom sesuai keinginan, misalnya ruangan 3m x 4 m anda gunakan sebagai tempat menaruh lemari pakaian dengan sistem letter U ful kaca.Maka anda memerlukan pengukuran panjang keseluruhan lemari, tinggi lemari, desain sisi dalam lemari dan ukurannya serta desain tampilan lemari dari sisi luar atau nampak depan. Selain itu perlu dipertimbangkan mengenai jenis pintu, aksesoris lemari seperti merk rel, merk handle dan jenisnya, merk kunci dan sebagainya yang memang anda kehendaki di lemari pakaian custom yang anda inginkan.

Hal lain yang perlu anda pertimbangkan adalah biaya pembuatan lemari pakaian hpl atau harga custom lemari baju hpl. Biaya ini umumnya ditentukan dari bahan material yang digunakan. Lemari pakaian hpl dengan bahan utama plywood tentu akan berbeda dari lemari pakaian hpl dari bahan mdf board atau block board. Disini kita harus bijak memilih, karena jika kita memiliki anggaran lebih maka kita bebas menentukan bahan material yang digunakan, merk hpl yang mau dipakai, merk aksesoris lemari pakaian dan semuanya sehingga biaya yang anda keluarkan akan memberikan lemari pakaian yang memang sesuai dengan anggarannya.

Pada umumnya cara menghitung biaya pembuatan lemari pakaian adalah dengan harga per meter persegi dan dikalihkan dengan jumlah volume dari lemari yang hendak dibuat. Misalnya. Ukuran lemari pakaian bentuk L dengan total panjang adlah 6 meter dan tinggi 3 meter, maka untuk menentukan volumenya kita hitung saja panjang dikali tinggi lemari yaitu 6 m x 3 m = 18 m2. Mengapa tidak ada lebar dihitung? sebab pada umumnya lebar lemari dipatok adalah 60 cm atau kurang. Jika anda menghendaki lebar lebih dari 60 cm maka perhitungannya akan berbeda dari cara perhitungan diatas. Nah, 18 m2 kemudian dikalihkan dengan harga per meter persegi lemarinya, misalnya harganya adalah Rp 1.8 juta per m2, maka total harganya adalah Rp 32.400.000,-. Biaya total ini tentukanya akan memiliki spek bahan materal tersendiri. Misalnya bahan utama plywood 18 mm, dalam melaminto, aksesoris seperti handle, kunci, rel dan lainnya menggunakan merk standard, non kaca cermin dan sebagainya. disini konsumen mendapatkan gambaran akan apa yang akan dibuat oleh tukang lemari. Jika anda mengehendaki ada cermin didepan pintu atau penambahan lampu dalam lemari, maka biasanya tukang lemari akan menghitung tersendiri penambahan material dan jasa pasang kaca cermin dan lampu listrik dalam lemari.

Untuk anda yang membutuhkan jasa pembuatan lemari pakaian, jasa bikin lemari baju custom dan sejenisnya di area Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang dan Bekasi silahkan hubungi kami, dengan senang hati kami akan membantu anda. Terimakasih

Lemari Rak Buku HPL

Jenis lemari lain yang banyak menggunakan hpl sebagai finishingnya adalah lemari rak buku. Umumnya lemari rak buku ini dibuat custom dengan mengikuti ukuran dilapangan sehingga pengukuran dan penempatanya sesuai dengan kondisi tempat dimana lemari rak buku akan ditaruh. Membuat rak lemari buku membutuhkan perhitungan detail mengenai apa yang diperlukan dan mau ditaruh dimana rak buku tersebut. Maka kita bisa membagi rak lemari buku menjadi beragam macam jenisnya. Antara lain rak lemari buku yang berdiri diatas lantai seperti lemari baju atau sejenisnya. Lalu ada rak lemari buku yang menempel didinding, ada juga rak lemari buku “melayang” dengan tarikan kabel dan kawat dan sebagainya. Modelnya juga bisa berbentuk kotak, lingkaran, setengah lingkaran, melengkung, modular dan sebagainya.

Rak lemari buku model minimalis bisa dibuat dengan menyatukan unsur tempat tidur, meja belajar rak buku dan lemari baju sehingga bisa menghemat ruangan dan membuatnya lebih simple dan rapi. Namun untuk rumah yang cukup besar rak lemari buku bisa dibuat kreasi yang menonjolkan seni sehingga rak lemari buku bukan sekedar lemari biasa namun menjadikan salah satu unsur keindahan dalam ruangan.

Untuk membuat lemari rak buku hpl tentu pertama kita harus tahu desain dan ukurannya. Apakah menghendaki lemari rak buku dengan daun pintu dan kaca, ataukah rak lemari buku dengan desain custom special sehingga merupakan salah satu sarana interior keindahan dalam ruangan atau bagaimana? Itu perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan rak lemari buku yang akan dibuat, termasuk jenis warna finishing hpl nya. Setelah desain dan ukuran bisa didapatkan maka langkah berikutnya adalah mengenai detail aksesorism bahan material kayu dan lainnya yang perlu didetailkan kembali sebelum proses produksi di workshop berjalan.

Menghitung biaya pembuatan rak lemari buku hpl, tentu perlu diketahui desain dan ukurannya. Jika menggunakan bahan plywood, lapis hpl dan model minimalis dengan pintu kaca di depan dan lampu kecil,maka biaya perhitunganya biasaya menggunakan metode meter persegi dikalihkan harga per meter perseginya. Misalnya ukuran rak lemari buku hpl yang mau dibuat adalah 3 m x 3 m= 9 m2. Jika harga per meter persegi rak lemari buku adalah Rp 1.8 jt maka total biaya yang dikeluarkan adalah Rp 1.8 jt X 9 m2 = Rp 16.200.000m- tentu biaya ini memiliki spek bahan material tertentu yang mendukungnya. Jika menggunakan bahan material lain yang speknya lebih tinggi danmenggunakan tambahan seperti lampu, katrol, dan sebagainya, tentu biayanya akan dihitung lebih detail lagi kemudian.

Bagi anda yang memerlukan jasa pembuatan rak lemari buku atau lemari buku custom silahkan hubungi kami. Dengan senang hati kami akan mem bantu anda. Terimakasih.

Lemari Credenza HPL.

Credenza adalah bentuk dari furniture setengah lemari seperti meja console yang dapat ditempatkan dimana saja sesuai dengan fungsi ruangan. Selain itu credenza dapat menjadi furniture pelengkap pada ruang makan. Ia juga dapat menjadi pembatas antara ruangan dengan dihias oleh aksesories interior di atasnya . Fungsinya sangat bervariasi tergantung penempatannya dalam ruangan . Biasanya credenza terdiri dari laci-laci kecil atau pintu-pintu .

Credenza juga bisa digunakan sebagai lemari tv, yang biasa disebut dengan credenza tv, apa gunanya?? yaitu, sebagai tempat untuk menaruh tv, home teater, dvd, serta peralatan tv lainnya menjadi satu, tujuannya, agar ruangan tersebut lebih rapih dan bersih, sehingga tidak ada lagi kaset-kaset atau peralatan tv lainnya yang berantakan.

Sedangkan credenza yang custom (made by order), biasanya sebelum dibuat, desainernya / perusahaan interiornya akan datang ke lokasi dan mengukur terlebih dahulu ruangannya, jadi ukuran credenzanya akan sesuai dengan ukuran ruangannya. Bisa juga lebih kecil atau lebih besar, tergantung dari owner / yang punya rumah. Setelah melakukan pengukuran, biasanya akan dibuatkan contoh desain credenza yang akan dibuat nantinya, jika sudah cocok maka, bisa langsung dibikin, kalau tidak cocok bisa minta dibuatkan desain yang baru.

Bedanya lagi, ketahanan produk credenza itu sendiri berbeda, credenza yang beli langsung jadi (fabrikasi) biasanya tidak tahan lama, paling lama sekitar 2 tahuan, dan biasanya material bahannya terbuat dari MDF maupun partikel yang jelas bahan ini tidak tahan dengan lembab. Sedangkan credenza yang custom (made by order) rata-rata sekitar 5 tahun lebih, biasanya terbuat dari bahan multipleks maupun blockboard dan finishing HPL maupun duco. Ketahanan credenza ini juga tergantung dari penggunaan dan kondisi lingkungan disekitar ruangannya juga.

Bagi anda yang membutuhkan jasa pembuatan credenza baik untuk dikantor, rumah atau restoran silahkan hubungi kami. Dengan senang hati kami akan membantu anda. Terimakasih.

Lemari Filling Cabinet HPL

Lemari filling cabinet merupakan salah satu jenis lemari yang menggunakan finishing hpl. Sesuai namanya lemari filling cabinet berguna untuk penyimpanan file atau dokumen, arsip dan sejenisnya sehingga lemari filling cabinet bisa dibuat dengan custom. Jenis lemari ini bisa dibuat dengan bahan plywood atau sejenisnya dengan finishing hpl. Tentunya membuat lemari filling cabinet custom membutuhkan ukuran detail panjang lemari, ketinggian, kedalaman, jenis pintu dan sebagainya yang tiap detailnya harus dicatat agar dapat dikerjakan pada saat produksi dan tidak ada yang salah.

Lemari filling cabinet biasanya memerlukan desain tertentu, mirip dengan rak lemari buku, lemari ini dapat menggunakan kaca pintu, atau pintu bahan plywood lapis hpl atau sejenisnya. Lemari ini umumnya terdiri dari banyak laci yang ukuran tiap laci bisa sama dan juga bisa berbeda. Jenis rak lemari arsip kantor sebetulnya memiliki fungsi yang sama, hanya perbedaanya pada jenis desain dan bahan material yang digunakan. Umumnya ada 2 tipe rak lemari arsip kantor, yaitu tipe rak lemari tertutup dan rak lemari transparan kaca. Untuk tipe rak lemari tertutup sendiri bisa jadi bentuknya menyesuaikan dengan kondisi di lapangan atau kondisi dimana rak lemari arsip akan ditempatkan. Sehingga kadang rak lemari jenis ini hanya memiliki tinggi 1 meter namun panjang bisa mencapai 2 meter atau lebih. Namun adajuga model rak lemari yang tinggi hingga 2 meter dan lebar hanya 1 meter.

Untuk jenis desain kedua yaitu jenis rak lemari arsip kantor yang model terbuka baik dengan kaca ataupun tanpa kaca sehingga bisa terlihat dari luar dengan jelas. Untuk model ini biasanya dengan bahan plywood dan kaca transparant untuk melihat kedalamdan digunakan sebagai daun pintu.

Selain model diatas ada juga model yang bersifat terbuka yaitu model yang tidak ada daun pintunya sama sekali sehingga mudah diambil dan ditaruh tanpa harus membuka daun pintu. Pada prinsipnya pembuatan rak lemari arsip kantor secara custom bisa dilakukan meski bagaimanapun jenis desain dan ukuran serta bahan materialnya. Sejauh memang ada detail informasi gambar dan rancangan, maka hal itu akan mudah dibuat.

Rak lemari arsip atau filling cabinet dengan bahan plywood dan lapis hpl dapat dibuat dengan custom mengikuti ukuran ruangan dan keinginan klien. Untuk finishing hpl atau sejenisnya, maka permukaan plywood dilapis dengan lembaran tipis seperti hpl ini. High Pressure Laminate (HPL) yaitu laminasi dengan tekanan tinggi yang merupakan salah satu bahan finishing umum digunakan dalam produk mebel dan permukaan interior. Ini bekerja lebih baik sebagai penutup permukaan untuk cabintets, meja, kitchen set, dekorasi interior, dll meningkatnya biaya dan kekurangan pasokan bahan kayu yang nyata, seiring dengan meningkatnya permintaan dari bahan yang ramah lingkungan telah membuat HPL sebagai salah satu yang paling populer finshing bahan untuk produk furniture dan dekorasi interior. HPL ( High pressure Laminated ) adalah lapisan akhir atau finishing berbagai benda furniture berbahan dasar plastik yang tipis yang akhir – akhir ini menjadi sangat familier dan cukup menarik minat dunia furniture, terutama untuk furniture berbahan dasar multiplek yang mana biasanya finishing/pelapis terluar menggunakan bahan triplek corak ( jati, sungkai, mahoni, megateak , nyatoh ) kini secara perlahan dan pasti mulai ditinggalkan.

Lemari Dapur Kitchen Set HPL

Lemari dapur atau kitchen set merupakan salah satu jenis furniture yang banyak menggunakan lapisan hpl sebagai lapisan finishingnya. Saat ini Kitchen set tidak hanya digunakan melulu sebagai tempat menyimpan hasil masakan tetapi juga sebagai tempat hang-out untuk anggota keluarga seperti Kitchen Set minibar seperti yang banyak kita jumpai saat ini.

Ruangan yang biasa disebut dengan dapur kering ini biasanya dilengkapi dengan perlengkapan dapur yang modern. Sementara itu, dapur basah karena biasanya digunakan untuk kegiatan memasak. Oleh sebab itu dapur basah ini lebih banyak digunakan untuk memproses masakan atau menghangatkan makanan sebelum disajikan atau digunakan dengan kata lain adalah berfungsi untuk memasak sesuatu yang praktis, yang kalaupun misalnya menggunakan bumbu-bumbu dapur semuanya sudah disiapkan dan setengah jadi. Oleh karena itu, kini desain dapur kitchen set sudah menjadi kebutuhan dan sekarang tengah menjadi tren bagi pemilik selaras perkembangan zaman.

Ketika ingin membuat desain kitchen set murah, yang harus Anda perhatikan adalah material pembuatnya. Jangan sampai Anda salah memilih material, sehingga kitchen set murah jauh dari jangkauan Anda. Yang ada Anda justru akan terjebak dengan material kitchen set yang mahal. Tentu Anda tidak mau bukan? Berikut beberapa gambaran material kitchen set murah yang bisa jadi patokan Anda:
– Bahan dasar menggunakan Multipleks atau Plywood kualitas terjamin. Bahan dasar Multipleks yang berkualitas jauh lebih baik dari pada Partikel Board dan MDF, yang lebih mahal.
– Jenis finishing yang digunakan. Finishing yang digunakan terdiri dari tiga jenis, yaitu HPL (High Pressure Laminate), yang tidak berubah warna setelah pemakaian bertahun-tahun, dan mudah dibersihkan, serta tahan terhadap minyak dan panas. Jadi ketika memasak Anda tak perlu khawatir dengan masalah dapur kotor. Jenis kedua adalah /Melamic/, yang merupakan jenis /finishing/ semprot dengan tetap menampakkan tekstur dasarnya, sehingga terlihat elegan. Terakhir penggunaan cat Duco, yang menggunakan standar cat mobil dengan lapisan fernis, sehingga tahan terhadap goresan.
– Table Top. Khusus table top gunakanlah /granite/ dengan pilihan glossy dan /doft/. Bisa juga Anda menggunakan /formatop/ atau solid surface, sehingga kitchen set murah Anda terlihat lebih bagus dan elegan.
Kitchen set murah meriah yang menarik bukan hanya dilihat dari harga material yang digunakan lebih miring saja, tetapi juga bisa dilihat dari berbagai faktor. Misalnya ukuran besar kecilnya kabinet, higienis tidaknya material yang digunakan, dan sebagainya. Sekali lagi kitchen set murah bukan berarti murahan. Berikut beberapa kiat untuk mendapatkan kitchen set murah yang baik:
1. Pilih bahan baku yang berkualitas, anti rayap, dan tidak mudah memuai. Pilihlah /finishing/ anti air dan minyak seperti HPL, Gloss, Duco, Melamic.
2. Supaya kitchen set Anda higienis, table top sebaiknya terbuat dari bahan yang berpori-pori kecil, tahan gores dan tahan panas.
3. Perhatikan ukuran-ukuran kabinet, laci dan /table top/nya. Semua ukurannya harus presisi sehingga terlihat rapi. Jangan lupa sesuaikan juga ukuran /kitchen set/ dengan peralatan masak yang Anda pakai.
4. Pastikan /fitting/ seperti handel, engsel, rel laci, yang baik dan tahan lama. Tidak perlu yang mahal, pilihlah yang kualitasnya cukup baik.
Untuk membuat kitchen set murah idaman Anda, Anda harus cermat memilih material kayu yang akan digunakan. Jika Anda salah pilih, kitchen set murah tidak akan Anda dapatkan. Akan lebih bijaksana jika Anda lebih selektif memilih, sehingga material untuk kitchen set murah tidak terkesan murahan.

Kitchen set seharusnya memiliki fasilitas penyimpanan, fasilitas pencucian hingga fasilitas untuk kerja. Fasilitas penyimpanan diwakili oleh kabinet dan lemari es. Fasilitas pencucian sudah tentu diwakili oleh bak cuci piring. Fasilitas kerja diakomodir oleh kompor, microwave atau oven serta top table.

Kabinet pada kitchen set biasanya terdiri atas kabinet atas, kabinet bawah dan dilengkapi dengan penghisap asap. Kabinet atas digunakan untuk menyimpan peralatan makan dan pernak-pernik ukuran kecil lainnya. Sementara kabinet bawah biasanya dibuat dengan dak beton berlapis keramik dan dilengkapi ruang kabinet yang cukup luas sehingga dapat digunakan untuk menyimpan peralatan memasak ukuran besar seperti panci, penggorengan, dan sebagainya.

Penghisap asap biasanya ditempatkan tepat di atas kompor. Gunanya untuk mencegah asap mengotori dapur dan membuat masalah lain yang merugikan. Selain itu, kitchen set juga menyediakan tempat untuk kompor dan bak pencuci piring yang terintegrasi dengan baik. Kitchen set memudahkan orang untuk menemukan letak barang karena pembagiannya sudah cukup jelas. Selain kenyamanan, keindahan dapur yang terpelihara kitchen set juga menjanjikan kemudahan. Dewasa ini, desain dapur pun mendapat perhatian yang tak kalah besar dari ruangan lain. Kini dapur pun memiliki beberapa jenis. Sebuah rumah tidak jarang memiliki dua dapur sekaligus. Apa sajakah itu?

Dapur Basah
Di dapur ini berlangsung kegiatan memasak sejak awal, mulai dari menyiapkan bahan makanan hingga kemudian mengolahnya menjadi makanan yang lezat dan sehat. Dapur ini biasa disebut juga dengan area servis atau dapur kotor.

Dapur Kering
Sesuai namanya, dapur ini memang dimaksudkan untuk tetap kering. Di sini biasanya menjadi tempat pengolahan makanan secara praktis dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Misalnya saja untuk membuat roti panggang saat sarapan. Dapur ini juga disebut dengan dapur bersih. Dapur ini biasanya dilengkapi dengan kitchen set sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Dapur kering biasanya menyatu dengan ruang makan atau ruang keluarga. Fungsi utamanya adalah sebagai tempat penyimpanan makanan kering, menghangatkan makanan, dan membuat bahan makanan yang praktis.

Untuk membuat lemari dapur kitchen set hpl silahkan hubungi kami untuk area Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang dan Bekasi. Dengan senang hati kami akan membantu anda. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *